Cpx24.com CPM Program

Bahan Tanam Kelapa Sawit Unggul


Bahan tanam kelapa sawit unggul bisa berasal dari hasil persilangan berbagai sumber (inter and intra spesific crossing) dengan metode Reciprocal Recurrent Selection (RRS).  Disamping itu, bahan tanaman kelapa sawit unggul juga bisa di hasilkan dari pemuliaan pada tingkat molekuler yang diperbanyak secara vegetatif dengan teknik kultur jaringan.

Bahan tanam kelapa sawit yang umum ditanam di perkebunan komersial yaitu persilangan dura x pesifera (D x P) yang disebut tenera. Tanaman induk dura berasal dari 4 pohon kelapa sawit yang ditanam di kebun raya bogor (1848) dan dikenal dengan deli dura.

Pemuliaan adalah pemuliaan terhadap dan pengujian tanaman dari hasil persilangan beberapa jenis pohon induk tanaman. Tujuannya untuk mendapatkan varietas baru yang memiliki produktifitas dan rendemen minyak yang lebih tinggi serta pertumbuhan meninggi lambat dari varietas-varietas sebelumnnya.

Untuk menghasilkan bahan tanam, pusat sumber benih memiliki suatu rancangan penyerbukan yang disusun berdasarkan hasil pengujian. Penyusunan berdasarkan pada kombinasi terbaik antara Dura x Pesifera (D x P) hasil uji produksi dan kualitas lapangan. Pengamatan dilakukan terhadap produksi beberapa tahun. Ada pohon induk yang tidak dapat digabungkan dengan pesifera tertentu dan sebaliknya ada pula pesifera yang tidak bisa digabungkan pada semua pohon induk dura.


Labels:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTING YANG SERING DIBACA