Cpx24.com CPM Program

Penyakit Gugur Daun Tanaman Karet


Penyebab penyakit gugur daun karet ada 3 jenis jamur yaitu Corynespora cassiicola, Colletotrichum gloesporioides dan Oidium heveae. Ketiga penyakit daun tersebut dapat menyerang di pembibitan, tanaman muda, tanaman tua dan di tanaman entres.

Gejala Serangan

Corynespora cassiicola
Penyakit gugur daun yang disebabkan oleh Corynespora cassiicola, menyerang daun muda dan tua. Serangannya diawali dengan bercak coklat, selanjutnya berkembang menjadi guratan menyerupai tulang ikan. Bercak akan meluas sejajar dengan urat daun dan kadang tidak teratur. Daun yang terserang kemudian menjadi kuning dan gugur.

Colletotrichum gloesporioides
Penyakit gugur daun yang disebabkan oleh Colletotrichum gloesporioides, menyerang pucuk dan daun muda. Serangan pada daun muda terlihat bercakbercak berwarna coklat kehitaman, keriput, bagian ujungnya mati, menggulung dan akhirnya gugur. Serangan lebih lanjut bercak tersebut menjadi berlubang. Disamping menyerang daun jamur ini juga dapat menyerang ranting muda dengan menimbulkan gejala busuk, kering dan akhirnya mati.

Oidium heveae (embun tepung)
Penyakit gugur daun yang disebabkan oleh Oidium heveae menyerang pucuk dan daun muda. Penyakit ini dikenal dengan embun tepung. Daun-daun yang terserang permukaan-nya mengeriput, ujung daun mengering dan akhirnya gugur. Pada jaringan daun yang terserang tampak adanya bercak tembus cahaya (transluscen), dan dipermukaan daun bagian bawah terdapat koloni bundar berwarna putih seperti tepung halus yang terdiri dari benang-benang spora dan spora jamur.

Pengendalian
-   Menanam klon yang resisten.

-  Tanaman yang terserang ringan sebaiknya diberi pupuk nitrogen dua kali dosis anjuran pada saat daun-daun mulai terbentuk. Pupuk dibenamkan ke dalam tanah agar mudah diserap oleh akar.

- Tanaman yang terserang berat dikendalikan dengan fungisida yang direkomendasikan, pada saat mulai terbentuk daun dengan interval 1 minggu sampai daun berwarna hijau (umur dau 21 hari).
Labels:

1 komentar:

  1. wah... ternyata masih banyak di indonesia ini orng2 yg ber hati mulya, ikhlas membantu orng yg sangt membutuhkan bantuan itu. atas informsinya kami orng awam petani karet indonesia mengucapkan banyak terima kash.

    BalasHapus

POSTING YANG SERING DIBACA