PPKS Medan: Sumber Benih dengan Koleksi Varietas Terbanyak

PPKS Medan: Sumber Benih dengan Koleksi Varietas Terbanyak | Dunia Kebun

PPKS Medan: Sumber Benih dengan Koleksi Varietas Terbanyak

Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan sudah menjadi sumber benih sejak tahun 1984. Produksi benihnya tersebar hampir di seluruh wilayah pengembangan sawit. Benih sawit asal PPKS tidak hanya dikenal di kalangan pekebun swasta namun juga oleh petani.
 
Pusat Penelitian Kelapa Sawit Medan boleh dikatakan sumber benih yang memiliki varietas terbanyak. Dari tahun 1984 hingga 2007 sumber benih yang berada di Sumatera Utara tersebut sudah melepas 13 varietas sawit. Hal ini tidak saja menunjukkan intensifnya penelitian di sumber benih tersebut, namun juga bervariasinya materi induk yang dimiliki. 
 
Salah satu varietas PPKS yang cukup populer adalah jenis Marihat. Meskipun sudah lama dilepas, sejak tahun 1985, namun banyak pekebun yang ingin mendapatkan varietas ini. Pasalnya keunggulannya tidak hanya bersumber dari pihak marketing PPKS melainkan sudah menjadi informasi dari mulut ke mulut.

PPKS menyediakan peluang bagi petani atau konsumen benih untuk mendapatkan bibit. Penyediaan bibit ini dilakukan melalui kerjasama waralaba, dimana PPKS memberikan hak bagi penangkar pewaralaba membibitkan bahan tanamnya dan dijual kepada konsumen dengan standard mutu yang ditetapkan sumber benih tersebut. 

Penangkar pewaralaba yang menyediakan bibit PPKS Medan tersebar di berbagai wilayah pengembangan sawit. Mulai dari Sumatera hingga ke wilayah Kalimantan. 

Dan pada tahun 2009 yang lalu PPKS kembali melepas varietas baru yakni D x P PPKS 239. Varietas ini memiliki keunggulan produksi CPO dan PKO yang cukup tinggi, yakni 8,4 ton/ha/tahun untuk CPO dan 0,7 – 1 ton/ha/tahun untuk PKO. 

Tahun 2010 ini, PPKS Medan menargetkan produksi hingga 35.000.000 kecambah. Sekaligus mengukuhkan sebagai produsen benih sawit terbesar di Indonesia. 
Sumber:
http://ditjenbun.deptan.go.id/perbenpro/index.php?option=com_content&view=article&id=161:ppks-medan-sumber-benih-dengan-koleksi-varietas-terbanyak&catid=8:inventaris-berita&Itemid=62

0 comments:

Poskan Komentar

belajar komputer

Related Post

POSTING YANG SERING DIBACA