Jenis-Jenis Bibit Kelapa Sawit

Jenis-Jenis Bibit Kelapa Sawit | Dunia Kebun

Jenis-Jenis Bibit Kelapa Sawit

Jenis bibit kelapa sawit ada tiga macam yitu bibit liar, bibit unggul dan bibit kultur jaringan.

a. Bibit Liar

Bibit Liar adalah bibit yang bersal dari persilangan yang tidak jelas pohon induk dan pohon bapaknya. Bibit liar juga disebut degan bibit sapuan.

Ciri-ciri bibit liar: (1). Tempurung biji tipis, (2). Panjang radikula dan plumula tidak seragam, (3). Persentase kematian tinggi. Ciri-ciri fisik bibit liar: (1). Pertumbuhan bibit tidak seragam, (2). Persentase bibit abnormal tinggi, (3). Bibit terlihat kurus karena endosperm yang berisi cadangan makanan berukuran kecil, (4). Lebih mudah terserang hama dan penyakit. Ciri-ciri fisik tanaman dari bibit liar: (1). Banyak dijumpai tanaman tumbuh abnormal (jantan). (2). Pertumbuhan tanaman tidak seragam, baik besar batang, lebar tajuk dan tinggi tanaman, (3). Produksi tanaman rendah.

b. Bibit Unggul

Bibit unggul adalah bibit yang berasal dari hasil persilangan dura x pesifera yang diketahui asal usulnya dan dikeluarkan oleh produsen resmi benih kelapa sawit. Ciri-ciri benih unggul adalah:
1). Warna Radikula kekuning-kuningan dan plumula keputih-putihan
2). Ukuran radikula dan plumula seragam
3). Radikulan dan plumula tumbuh berlawanan arah dan tidak bengkok
4). Panjang radikula <5 cm dan plumula <3 cm

c. Bibit Kultur Jaringan

Kultur jaringan merupakan suatu cara untuk mendapatkan klon kelapa sawit dengan perlakuan khusus dari bahan biakan yang berupa jaringan muda tanaman kelapa sawit seperti daun muda dan ujung akar. Tujuan dari penerapan kultur jaringan pada tanaman kelapa sawit adalah sebagai berikut:
1). Alternatif untuk meningkatkan produktifitas dan rendemen minyak kelapa sawit 
2). Mengatasi kesulitan perbanyakan tanaman kelapa sawit secara konvensional (menggunakan biji)
3). Meningkatkan keseragaman tanaman
4). Mempercepat masa panen.

2 comments:

Epidot mengatakan...

Dari mana dan dimana bisa mendapatkan bibit yang baik? dan berapa Harganya?

Retno mengatakan...

Bibit maupun benih unggul kelapa sawit dapat diperoleh di produsen resmi. Di SUMUT ada beberapa produsen resmi reperti PPKS, Socfindo, Lonsum, dll. Setahu saya saat ini (tahun 2011) untuk benih harganya bervariasi antara Rp. 6.000 s.d 10.000. Untuk informasi lebih jauh bisa lihat www.iopri.org

Poskan Komentar

belajar komputer

Related Post

POSTING YANG SERING DIBACA