Cpx24.com CPM Program

Penanaman Tanaman Karet

i). Waktu
Penanaman tanaman karet dilakukan pada awal musim penghujan, yang pada umumnya dimulai pada bulan September, sehingga saat tersebut merupakan awal yang baik/optimal untuk memulai penanaman dan harus berakhir sebelum musim kemarau.

ii). Pelaksanaan Tanam
Bibit yang akan ditanam dapat berupa stum mata tidur maupun bibit dengan payung satu. Adapun ketentuan bibit siap tanam adalah sebagai berikut :

-    Apabila bahan tanam berupa stum mata tidur, maka mata okulasi harus sudah membengkak/ mentis. Hal ini dapat diperoleh dengan cara menunda pencabutan bibit minimal seminggu sejak dilakukan pemotongan batang bawah.

-    Sedangkan, jika bahan tanam yang dipakai adalah bibit yang sudah ditumbuhkan dalam polybag, maka bahan yang dipakai maksimum memiliki dua payung daun tua. Bibit karet dalam polybag yang siap ditanam ke lapan ditandai dengan payung daun terakhir sudah tua.

Bibit berasal dari Stum Mata Tidur

-    Penanaman dilakukan dengan memasukkan bibit ke tengah-tengah lubang tanam. Arah mata okulasi diseragamkan menghadap gawangan pada tanah yang rata, sedangkan pada tanah yang berlereng mata okulai diarahkan bertolak belakang dengan dinding teras.

-    Kemudian bibit ditimbun dengan tanah bagian bawah (sub-soil) dan selanjutnya dengan tanah bagian atas (top-soil). Selanjutnya, tanah dipadatkan secara bertahap sehingga timbunan menjadi padat dan kompak, tidak ada rongga udara dalam lubang tanam.

-    Lubang tanam ditimbun sampai penuh, hingga permukaan rata dengan tanah di sekelilingnya. Kepadatan yang baik, ditandai dengan tidak goyang dan tidak dapat dicabutnya stum yang ditanam.

Bibit dalam polybag

-    Kantong dalam polybag dibuka dengan hati-hati agar media tanam tidak pecah.

-    Bibit ditanam tegak lurus dengan arah okulasi menghadap Timur di tengah-tengah lubang tanam, kemudian ditimbun dengan tanah bagian bawah (subsoil), selanjutnya dengan tanah bagian atas (top soil) .

-    Pemadatan tanah dilakukan dengan hati-hati mulai dari bagian pinggir ke arah tengah. Tanah pada bagian tanaman dibuat cembung untuk menghindari air agar tidak menggenang.
Labels:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTING YANG SERING DIBACA