Cpx24.com CPM Program

Pemeliharaan di Pembibitan Awal (Pre-Nursery) Kelapa Sawit

Penyiraman


Penyiraman dilakukan dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari. Penyiraman dilakukan secara hati-hati agar kecambah tidak terbongkar atau akar bibit mudah muncul kepermukaan. Setiap bibit memerlukan 0.10 - 0.25 liter air pada setiap kali penyiraman. Apabila curah hujan > 8 mm per hari maka tidak perlu dilakukan penyiraman

Pengendalian Gulma

Gulma yang tumbuh dikantong polibag perlu disiang secara manual dengan rotasi 2 minggu sekali. Pelaksanaan penyiangan dilakukan dengan mencabut semua gulma yang tumbuh dan berkembang disekitar akar tanaman dan sekaligus diiringi dengan penambahan tanah pada kantong polibag. Penyiangan juga ditujukan untuk mencegah pengerasan permukaan tanah.

Pemupukan

Pemupukan dilakukan dengan menggunakan urea atau pupuk majemuk dengan konsentrasi 0.2% atau 2 gr/liter air. Pemupukan dilakukan secara foliar application (melalui daun). Setiap liter larutan cukup untuk 100 bibit. Frekuensi pembberian pupuk seminggu sekali.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Hama yang umum mengganggu bibit pre-nursery adalah semut, jangkrik, belalang, tikus dan cacing. Sedangkan penyakit yang umum adalah helminthosporium, antracnosa dan blast. Pengguna bahan kimia dalam pengendalian harus dilakukan secara hati-hati karena bibit muda masih sangat peka.

Selekse Bibit

Seleksi bertujuan untuk menghindari terangkutnya bibit abnormal ketahap pembibitan selanjutnya. Bibit abnormal dapat disebabkan oleh faktor genetis, kesalahan kultur teknis atau serangan hama dan penyakit. Seleksi dilakukan saat pindah tanam. Tanaman normal pada umur 3 bulan, biasanya telah memiliki 3-4 helai daun dan telah sempurna bentuknya. Beberapa bentuk bibit abnormal yang harus dibuang/disingkirkan pada saat pelaksanaan seleksi, yaitu: pelaksanaan seleksi dilakukan secara berurutan pada tiap persilangan/bedengan dengan membuang bibit yang terseleksi saat transplanting ke pembibitan utama mencapai kurang lebih 5 - 10%.

Pemindahan dan Pengangkutan Bibit

Pemindahan bibit dari pembibitan awal dilakukan saat bibit berumur 2.5 - 3 bulan dengan jumlah daun 3-4 daun. Bila areal pembibitan berdekatan dengan pembibitan utama maka bibit yang akan ditanam dapat diangkut menggunakan kotak kayu dengan ukuran 70 x 50 x 20 cm.
Labels:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTING YANG SERING DIBACA